Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Merupakan Program keahlian pada Bidang Bisnis dan Manajemen dengan konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran, memberikan kontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi keahlian sebagai Staf Administrasi, Resepsionis, Asisten Arsiparis, Asisten Sekretaris, Layanan Pelanggan, dan sebagai tenaga operator junior dibidang komputer dan Otomatisasi perkantoran serta Wirausahawan yang tangguh dengan sikap bermantabat, Berkualitas dan Terpercaya.
Tujuan Kosentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Secara khusus tujuan Program Keahlian Manajemen Perkantoran (MP) dan PK Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis (MPLB) adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengoperasikan peralatan kantor & tehnologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan, kepegawaian dan sarana prasarana sehingga segala aspek administrasi dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup.
Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran dan Konsentrasi keahlian Manajemen Perkantoran sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan siswa / tamatan :
- Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup Program Keahlian Manajemen perkantoran, khususnya KK Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran.
- Mempu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup Program keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya KK Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran
- Menjadi tenaga kerja tingat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup Program keahlian Manajemen Perkantoran, khususnya KK Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran
- Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.
KOMPETENSI DASAR :
- Teknologi Perkantoran
- Korespondensi
- Kearsipan
- Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
- Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
- Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
- Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
- Mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Kurikulum dan Materi pembelajaran pada kompetensi ini diselaraskan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri, seperti :
- Penerapan Teknologi Perkantoran.
- Typing.
- Kehumasan.
- Penataan Surat Menyurat dan Kearsipan
- Tata Kelola Keuangan